Kamis, 06 Desember 2012

Hasil wawancara Konverensi nasional penndidikan VII 2012



Sesuai dengan hasil wawancara pada acara konaspi ke VII tahun 2012 banyak pengalaman yang di dapat terutama dalam hal mengenal universitas yang ikut pada acara konaspi tersebut.
            Dengan diadakan konaspi ke VII kita bisa mengenal bagaimana visi dan misi universitas-universitas yang ada di acara konaspi tersebut terutama berbagai prestasi, jurusan yang paling banyak diminati dan banyak hal-hal lainnya yang dapat kita ambil dan kita jadikan motivasi untuk meningkatkan prestasi kita kedepannya dalam menjalani perkuliahan sebagai seorang mahasiswa. Universitas yang mengikuti kegiatan Konaspi antara lain UNY, UNS, UNM, dan lain-lain. Dari UNY sendiri menampilkan berbagai produk baik berupa buku, aksesoris, makanan olahan, baju, robot ataupun tes kesehatan yang kesemuanya diwakilkan satu-persatu oleh tiap fakultas yang mengikuti. Sedangkan dari universitas lain hanya menampilkan secara umum hasil produk, gambaran universitas, dan perkenalan universitas. Semua produk baik berupa makanan, aksesoris, baju, buku, atau robot berasal dari buatan mahasiswa, hanya sedikit yang ditampilkan dari buatan para dosen pembimbing. Buatan tangan dari mahasiswa dan dosen tersebut dapat dinikmati dan dibeli dengan harga murah dan terjangkau.

            Pada hari kamis saya mewawancarai salah satu universitas yang ada di konaspi yaitu universitas semarang (UNNES) dalam hasil wawancara tersebut mereka memperkenalkan kemudahan-kemudahan pada teknologi seperti presensi mahasiswa secara online,  mempermudah mahasiswa dalam mencari jurnal, skripsi , yang bersipat akademik. Karena untuk mengakses nya mereka memberikan pelayanan baik mereka memperbolehkan bagi universitas lain untuk mengunduh baik itu jurnal, di universitas ini juga memberikan bimbingan skripsi melalaui online. Di dalam bimbingan skripsi memberikan tahap-tahapan merevisi skripsi, dan setelah mengikuti prosesnya baru dibolehkan untuk ujian. Mereka memberikan pelayanan yang baik.
            Pada universitas semarang itu sendiri mempunyai 8 fakultas yaitu : fakultas ilmu pendidikan, fakultas bahasa dan seni, fakultas ilmu sosial, fakultas matematika dan ilmu pengetahuan alam, fakultas teknik, fakultas ilmu keolahragaan, fakultas ekonomi, fakultas hukum. Di universitas negeri semarang sedang berkomitmen untuk mengembangkan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) untuk diimplementasikan dalam berbagai bidang. Pesatnya pengembangan TIK berimplikasi pada kebutuhan sumber daya pengembang yang memadai, berdedikasi, dan memiliki loyalitas yang tinggi terhadap lembaga. Dengan ini Unnes membuka kesempatan kepada mahasiswa Unnes yang berminat dan berbakat dalam pengembang junior. Di dalam pameran konaspi ini lebih memperkenalkan dengan jurnal online dan teknologi informasi universitas konservasi bertaraf internasional.
Kemudian saya mewawancarai salah satu jurusan yang ada di universitas negeri yogyakarta?( UNY) yaitu fakultas teknik. Fakultas teknik memperkenalkan dalam pembuatan robot, permainan ular tangga(Game), menampilkan pakaian busana, media pembelajaran, dll.
Difakultas teknik itu sendiri memperkenalkan robot manual. Robot manual tersebut akan digunakan pada ajang kontes robot indenesia tahun 2012 yang akan dilaksanakan Hongkong. Dengan karya yang dipamerkan tersebut diharapkan mendapat respon dari masyarakat yang nantinya akan membantu perbaikan karya tersebut sehingga dapat memenangkan kontes robot internasional. Robot yang merupakan hasil karya anak negeri bisa mengikuti ajang kontes internasional merupakan kebanggaan UNY dan masyarakat Indonesia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar